Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Di dalam tubuh manusia ada banyak organ tubuh yang memiliki peran penting masing-masing, ginjal salah satunya. Organ tubuh satu ini memiliki ukuran sebesar sekepala tangan manusia. Ginjal sendiri terletak dibagian bawah tulang rusuk. Adapun fungsi dari organ tubuh satu ini yaitu untuk membersihkan tubuh dari berbagai racun dan menyimbangi kadar air di dalam tubuh. Selain memiliki fungi sebagai pembersih racun dan menyimbagi cairan, ginjal juga berperan penting untuk mengatur tekanan darah, sel darah merah, dan zat asam dalam tubuh. Meskipun orang satu ini memiliki peran penting, tapi banyak diantara Anda yang melupakan kesehatan ginjal. Jika Anda tidak menjaga kesehatan ginjal, ini dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai masalah kesehatan yang akhirnya akan menyebabkan komplikasi. Satu hal yang dapat menyebabkan ginjal rusak yaitu faktor gaya hidup yang tidak baik. Padahal untuk menjaga kesehatan ginjal sendiri tidak sulit dilakukan. Bagi Anda semua yang ingin menjaga kesehatan ginjal, berikut ini ada tipsnya.

Cukupi asupan cairan

Tips pertama menjaga kesehatan ginjal yaitu dengan cara mencukupi asupan cairan ke dalam tubuh. Dengan terpenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh dapat membuat ginjal berfungsi dengan baik. Namun sebaliknya, jika asupan cairan tidak terpenuhi dapat menyebabkan masalah pada ginjal. Tidak hanya masalah ginjal, tapi juga dapat membuat Anda mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, untuk menjaga ginjal, Anda harus banyak minum air putih untuk mencukupi asupan cairan di dalam tubuh. Selain dengan minum air putih, mengkonsumsi buah-buhaan juga dapat menjadi pilihan karena buah mengandung air didalamnya.

Olahraga teratur

Olahraga merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Adapun manfaat kesehatan dari olahraga teratur yaitu menjaga kesehatan pada ginjal. Ini dikarenakan dengan banyak bergerak dapat membuat aliran darah mengalir dengan lancar sehingga ginjal dapat berkerja dengan baik. Tidak hanya membuat ginjal dapat berkerja dengan baik, tapi juga semua organ tubuh menjadi sehat. Olahraga yang harus dipilih tidak harus yang berat, joging, lari, dan bersepeda bisa jadi pilihan. Olahraga harus dilakukan secara rutin setidaknya 1 minggu tiga kali. Selain itu, lakukan juga aktivitas fisik agar Anda banyak bergerak.

Kontrol tekanan darah

Perlu untuk Anda ketahui bahwa tekanan darah dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya masalah pada ginjal. Bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dapat membuat Anda terkena penyakit ginjal. Mengontrol tekanan darah merupakan cara untuk menjaga ginjal agar tidak terkena penyakit ginjal. Banyak cara untuk mengontrol/menjaga tekanan darah yaitu dengan menjaga diri agar tidak stres, tidak emosi, istirahat cukup (minimal 8 jam setiap hari). Ini semua dikarenakan salah satu fungsi dari ginjal sendiri adalah untuk menjaga sirkulasi darah.

Jauhi rokok dan alkohol

Kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol hanya dapat merusak kesehatan organ tubuh salah satunya ginjal. Rokok sendiri dapat memperlambat aliran darah ke ginjal yang akhirnya bisa mempengaruhi kesehatan ginjal. Selain rokok, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Oleh karena itu, bagi Anda para perokok dan suka mengkonsumsi alkohol dan ingin menjaga kesehatan ginjal ada baiknya menjauhi dua kebiasan buruk ini agar ginjal tetap sehat.

Ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting, maka dari itu Anda semua harus menjaga kesehatan ginjal dengan baik.